Nama             : Nuryana

Npm               :25210226

Kelas              :3eb09

 

Topik : Pembangunan Ekonomi Pada Negara Indonesia

1. Masalah-masalah pembangunan ekonomi Negara Indonesia

1.1 Pengangguran

1.2 Inflasi

1.3 Tingkat pendapatan perkapita

1.4 Kesenjangan dan Kemiskinan

2. Strategi Pembangunan Negara Indonesia

2.1  Strategi Pertumbuhan

2.2  Strategi Pembangunan dengan Pemerataan

2.3 Strategi Ketergantungan

2.4 Strategi yang Berwawasan Ruang

2.5Strategi Pendekatan Kebutuhan Pokok

3. Pembangunan Ekonomi pada orde baru dan orde lama

3.1 Sejarah ekonomi orde lama, orde baru

4. Pembangunan Ekonomi Indonesia Saat Ini

4.1 Percepatan, Pertumbuhan Global dan Perkembangan Ekonomi Nasional

4.2 Perluasan, Pemerataan, Desentralisasi Ekonomi

       Masalah pengangguran di Indonesia masih menjadi masalah ekonomi utama, rumusan terhadap pengangguran  yang terjadi di Indonesia diukur dengan tingkat pengangguran pada suatu wilayah bisa didapat dar prosentase membagi jumlah pengangguran dengan jumlah angkaran kerja,akibatnya di Indonesia masih mengalami pertumbuhan penduduk dengan pembangunan ekonomi yang tidak seimbang.

   Inflasi dan perekonomian Indonesia sangat  berkaitan. Apabila tingkat inflasi tinggi, sudah dipastikan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, dimana akan melambatnya laju pembangunan ekonomi.,Inflasi yang terjadi Indonesia pada setaiap tahun mengalami peningkatan pada persentase likuiditas nilai Rupiah.

Pendapatan perkapita di Indonesia masih belum mendapatkan keseimbangan terhadap penghasilan untuk jumlah perorangnya,pembangunan yang mengalami pertumbahan pesat pperkapitanya dialami hanya beberapa sector terhadap bisnis-bisnis tertentu dan hasil dari ekspor namun Indonesia masih mengalami kesulitan untuk perkapita pada penghasilan rumah tangga

sejumlah cara untuk mengukur tingkat kesenjangan dalam distribusi pendapatan Indonesia, Semakin tinggi nilai rasio gini, yakni mendekati 1 atau semakin jauh kurva lorenz dari garis 45 derajat tersebut, semakin besar tingkat ketidakmerataan distribusi pendapatan, Batas garis kemiskinan di Indonesia Ini disebabkan karena adanya perbedaan lokasi dan standar kebutuhan hidup.

Strategi pertumbuhan ekonomi Indoesia akan terpusat apada upaya pembentukan modal, serta bagaimana menanamkannya secara seimbang, menyebar, terarah dan memusat, sehingga dapat menimbulkan efek pertumbuhan ekonomi.

Strategi Pembangunan dengan Pemerataanditekankannya peningkatan pembangunan melalui teknik sosial engineering, seperti halnya melalui penyusunan perencanaan induk, dan paket program terpadu.

Strategi Ketergantungan ini mecari pada pusat permasalahan yang ada di Indonesia yaitu kemiskinan terhadap Negara Indonesia teori yang relevan yang menncangkup masyarakatnya sendiri terhadap Self Development.

Strategi yang Berwawasan Ruang menganjurkan agar negaraIndonesia memperbaiki tata hubungan sosial, politik, dan ekonomi kearah prinsip swadaya, partisipasi rakyat dan keadilan sosial dengan lebih memperhatikan lapisan masyarakat paling bawah yang hidup dibawah garis kemiskinan yang ternyata merupakan bagian terbesar dari masyarakat.

Strategi Pendekatan Kebutuhan Pokok Sasarana menanggulangi kemiskinan secara masal. Strategi ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan pembangunan menjangkau, apalagi memecahkan masalah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan.

.           Sejarah pembangunan Ekonomi pada masa orde lama berawal pada masa kemerdekaan Indonesia pada tahun1945,dengan kondisi perekonomian yang sangat buruk dan Indonesia mengalami laju inflai mencapai 300%maka pada tahun 1966 Indonesia memasuki pembangunan Ekonomi orde baru dan rencana pembangunan lewat Repelita pemerintah melakukan pemulihan stabilitas ekonomi, sosial, dan politik serta rehabilitasi ekonomi di dalam negesi.

            Percepatan, pertumbuhan global dan perkembangan ekonomi nasional di Indonesia mengalami percepatan terhadap kemajuan teknologi informasi, konsep ini menawarkan sesuatu yang sedikit banyak memberikan perubahan yang signifikan dibandingkan dengan konsep lama yang diterapkan di Inonesia sebelumnya.

            Pembangunan ekonomi nasional, tentunya tidak lepas dengan apa yang disebut dengan pemerataan, konsep inimenawarkan apa yang disebut dengan pemerataan, perluasan, serta desentralisasi bagi daerah untuk membuka investasi sebesar-besarnya sesuai dengan potensi sumber daya yang dimilikinya.