Akuntansi Perbankan
Buku 2, Indra Bastian dan Suhardjono
Penerbit Salemba Empat, 2006
 
Buku ini merupakan buku teks untuk mengenalkan penerapan akuntansi di industri perbankan. Teorinya didasarkan pada berbagai literatur akuntansi perusahaan dan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI) yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, serta Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 31 (revisi 2000) tentang Akuntansi Perbankan. Sedangkan aplikasi diperoleh dari praktik akuntansi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang menggunakan standar sistem akuntansi yang diterima oleh masyarakat luas (Bapepam, Pasar Modal, dan sebagainya). Sedangkan sistem pembukuan menggunakan sistem aplikasi bertaraf internasional, yaitu Silverlake, yang juga digunakan oleh bank-bank di dalam negeri. Dengan demikian pembahasannya dapat dipahami dan diterapkan oelh sebagian besar pengguna sistem akuntansi perbankan yang berlaku di Indonesia. Daftar Isi: Bagian IV: Akuntansi Kewajiban dan Modal.Bab 16 Akuntansi Kewajiban Segera. Bab 17 Akuntansi Simpanan Pihak Ketiga. Bab 18 Akuntansi Simpanan Bank Lain. Bab 19 Akuntansi Kewajiban Derivatif. Bab 20 Akuntansi Surat Berharga yang Diterbitkan. Bab 21 Akuntansi Pinjaman yang Diterima. Bab 22 Akuntansi Kewajiban Lain-lain. Bab 23 Akuntansi Pinjaman Subordinasi. Bab 24 Akuntansi Modal Pinjaman. Bab 25 Akuntansi Modal.Bagian V: Akuntansi Komitmen, Kontijensi, Pendapatan dan Beban, serta Siklus Akuntansi Bank.Bab 26 Akuntansi Komitmen dan Kontijensi. Bab 27 Akuntansi Pendapatan dan Beban. Bab 28 Siklus Akuntansi Bank.Bagian VI: Laporan dan Analisis Laporan Keuangan Perbankan.Bab 29 Laporan Keuangan Perbankan. Bab 30 Analisis Laporan Keuangan Perbankan.
 
            Tujuan penulis menulis buku ini adalah buku ini merupakan buku teks mengenalkan penerapan akuntansi di industri perbankan. Teorinya didasarkan kepada berbagai literatur akuntansi perusahaan dan pedoman akuntansi perbankan Indonesia (PAPI) yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, serta pernyataan standaar akuntansi keuangan nomer 31 (revisi 2000) tentang akuntansi perbankan sedangkan aplikasi diperoleh dari praktik akuntansi di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero Tbk.) yang menggunakan sistem akuntansi diterima oleh masyarakat luas (Bapepam, pasar modal dan sebagainya).  Sedangkan sistem pembukuan menggunakan sistem aplikasi bertaraf internasional, yaitu silver lake, yang juga digunakan bank-bank dalam negri dengan demikian pembahasannya dapat dipahami dan diterapkan oleh sebagian pengguna sistem akuntansi perbankan di Indonesia.
 
 
 
 
 
 
 
 
Akuntansi Lanjutan Edisi 7 Jilid 1
Floyd A Beams, 2005
PT. Indeks (Kelompok Gramedia)
Buku ini membahas tentang metode biaya dan ekuitas untuk investasi di saham biasa, laporan usaha konsolidasi. Pada bab pertama, memberikan latar belakang yang relevan berkenaan dengan bentuk dan dampak ekonomi perkembangan nusantara. Prinsip konsolidasi telah lama ditunggu akan mencerminkan kecenderungan untuk menuju kestatus standar internasional dan diperkenalkan pada bab ini. Untuk bab dua, akuntansi metode ekuitas konsolidasi satu baris untuk didiskusikan dan cakupan konsolidasinya paralel memudahkan pembahasan konsep dasar seperti konsolidasi laba bersih dan laba ditahan. Bab ketiga melaporkan berkaitan dengan akuntansi pelaporan anak perusahaan diintegrasikan dalam laporan keuangan konsolidasi dan akuntansi push-down. Bab empat memperkenalkan teknik kertas kerja dan prosedur konsolidasi yang disajikan untuk pendekatan kertas kerja laporan keuangan tiga bagian : neraca saldo, metode ekuitas dan metode biaya. Pada bab lima, enam, tujuh dan delapan membahas tentang obligasi, aktiva tetap, persediaan, perubahan kepemilikan pada perusahaan anak. Bab sembilan, sepuluh dan sebelas membahas struktur afiliasi yang rumit, membahas anak perusahaan dan saham preferen dan pajak penghasilan entitas terkonsolidasi. Bab dua belas membahas akuntasi dan praktek pelaporan untuk operasi kantor cabang. Bab tiga belas membahas mata uang asing untuk ekspor impor untuk transaksi forward atau untuk melindungi kerugian kurs. Bab lima belas, enam belas dan tujuh belas membahas pengungkapan segmen usaha dan laporan keuangan intern membahas organisasi,operasi,memperluas pembahasan persekutuan likuidasi. Bab delapan belas, sembilan belas, dua puluh dan dua puluh satu membahas likuidasi perusahaan,memberikan dasar-dasar akuntansi pemerintahan, memperkenalkan akuntansi nirlaba sosial rumah sakit dan universitas.
Menurut penulis buku ini telah diperbarui sehingga mencerminkan perkembangan dunia usaha serta kemajuan standar akuntansi dan berbagai peraturan dan perundang-undangan dibidang akuntansi yang lazim digunakan dibanyak negara.
Buku ini lebih unggul dibandingkan buku-buku sejenis karena sangat berorientasi pada mahasiswa unggulannya itu tampak jelas pada format jurnal,kertas kerja, kutipan-kutipan perusahaan, laporan tahun perusahaan dalam bentuk yang sangat mudah dipahami. Karena keunggulannya buku ini telah menjadi buku wajib di berbagai perguruan tinggi terkemuka di dunia termasuk di Indonesia.
 
Nuryana 25210226
Ratna Sapitri 25210671
Shinta Nur Amalia 26210523