TUGAS IV

KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL

 

1.KEWIRASWATAAN,WIRASWASTA, WIRASWATAWAN

Kewiraswastaan  merupakan sustu proses menciptakan nilai yang berbeda dengan mencurahkan waktu,dan upaya yang diperlukan memerlukan resiko-resiko finansial,psikis dan sosial yang menyertai, serta menerima penghargaan dan imbalan moneter pada kepuasan pribadi

Dari berbgai definisi yang ada mengenai kewiraswastaan, terdapat 3 tema penting yang dapat di identifikasi, yaitu:

1. pursuit of opportunities , (entrepreneurship adalah berkenaan dengan mengejar kecenderungan dan perubahan-perubahan lingkungan yang orang lain tidak melihat dan memperhatikannya).

2. innovation, (entrepreneurship mencakup perubahan perombakan, pergantian bentuk, dan memperkenalkan pendekatan-pendekatan baru, Yaitu produk baru atau cara baru dalam melakukan bisnis).

3. growth (Pasca entrepreneur mengejar pertumbuhan, mereka tidak puas dengan tetap kecil atau tetap dengan ukuran yang sama. Entrepreneur menginginkan bisnisnya tumbuh dan bekerja keras untuk meraih pertumbuhan sambil secara berkelanjutan mencari kecenderungan dan terus melakukan innovasi produk dan pendekatan baru .

http://satriagosatria.blogspot.com/2009/12/kewiraswastaanentrepreneurship.html

 

2.perusahaan kecil  dalam lingkungan perusahaan

 

Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia. Sekarang, masyarakat menuntut kepada perusahaan-perusahaan untuk mengembang tanggung jawab seperti itu lebih besar dari sebelumnya. Perusahaan tidak bias berprinsip “semau gue” dalam melaksanakan kegiatannya.

 

Pengertian Lingkup Perusahaan

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebgai keseluruhan dari faktor-faktor ekstren yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencangkup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.

Bantuan kepada perusahaan –perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu :

  • Bantuan financial;
  • Bantuan pemberian kontrak; serta
  • Bantua teknik dan manajemen

 

http://dullzabbar.blogspot.com/2010/10/pengaruh-lingkungan-terhadap-perusahaan.html

 

3.perkembangan franchising

Bisnios waralaba atau disebut dengan master franchise(franchising) di indonesia sangat berkembang pesat dan merupakan hak yang di berikan kepeda penerima waralaba untuk membuka dan mengelola bisnis waralabanya dalam suatu wilayah tertentu,franchising juga di sebut penerima waralaba utama.

Bisnis waralaba internasional pertama kali masuk di Indonesia  sejak  tahun 1960an, seperti merek mesin jahit Singer dan minuman Coca Cola hadir di Indonesia. Mereka adalah model product dan distribution franchising.

Perkembangan bisnis waralaba international di Indonesia
Dengan berkembangnya Free Trade Area (perdagangan bebas) baik di kawasan terbatas maupun antar dua negara (bilateral), tentunya perkembangan franchise asing/ internasional mau-tidak mau akan berkembang dengan pesat. Apalagi frekwensi traveling dari masyarakat luar ke dalam negeri, maupun sebaliknya juga semakin tinggi. Sehingga merek-merek asing akan saling dibutuhkan oleh masyarakat untuk hadir diberbagai tempat yang dinamis ini.

http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&biw=1366&bih=606&q=perkembangan+franchising&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=230ca2ae376fd1c8

 

 

4.ciri-ciri perusahaan kecil

Ciri-ciri perusahaan kecil hanya meleyani pemasaran setempat saja dan mencapai lingkup nasional, umumnya perusahaan kecil di kelola oleh pemiliknya dan berstruktur organisasi sederhana,hubungan antar pemilik sangat dekat,untuk presentasenya kegagalan perusahaannya sangat tinngi,kurangnya tenaga manajer yang handal,dan sangat sulit memperoleh modal jangka panjang,

Perusahaan kecil memiliki kekuatan dan kelemahannya fakta yang menunjukan,banyaknya wiswatawan memulai aktivitasnya dalam bentuk perusahaan kecil sebelum akhirnya menjadi berkembang menjadi besar berbagai bidang usaha,tingakat perolehan keuntungan , maupun tingkat resiko berbeda-beda, contohnya berbagai bidang usaha tersebut adalah usaha tani, usaha perternakan,industri agroturisme(pariwisata pertanian), usaha jasa dan lain-lain, dalam berbagai bidang tersebut, dewasa ini perusahaan perusahaan jasa merupakan alternatif pilihan menarik dan berkembang.
kegagalan perusahaan kecil banyak faktor yang menjadi penyebab kegagalan perusahaan kecil, sebagian penyebab kegagalan telah disebutkan sebagian kurangnya pengalaman manajemen, kurangnya modal, kurangnya kemampuan dalam promosi penjualan, ketidak mampuan untuk menagih piutang yang macet, penggunaan tekhnolgi yang ketinggalan zaman, kurangnya perencanaan perusahaan permasalahan kecakapan pribadi,kesalahna pemilihan bidang usaha, dan lain-lain.

http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&biw=1366&bih=606&q=ciri-ciri+perusahaan+kecil&aq=o&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=358c43829b219671

 

5.PERBEDAAN  ANTARA  KEWIRAUSAHAAN DAN  BISNIS  KECIL

Perbedaannya  kewirausahan dan bisnis, kewirausahaan sanagat memerlukan kreativitas dan kesiapan menghadapi risiko dalam bisnis yang bebeda Imbalan yang diperoleh seorang wirausahan berupa kebebasan individu dan kebebasan finansial. Kegiatan wirausahan terbuka luas bagi siapa saja dan tanpa perbedaan gender. Kegiatan wirausahan harus diselaraskan dengan perkembangan dan globalisasi bisnis.kewirausahaan memiliki tantangan bisnis denagan kemenangan.

Sedangkan BISNIS KECIL Disediakan satu orang/sekelompok kecil (maximal 15 pemilik) Pemasaran dan operasi bisnis di satu tempat Jika dibandingkan dengan industri, ukurannya relatif lebih kecil. Karyawannya kurang dari 100 orang,dan memiliki tantangan bisnis yang kecil.

http://www.wiziq.com/tutorial/74306-Pengantar-Wirausaha-Introduction-to-Entrepreneur