TUGAS 1

RUANG  LINGKUP  BISNIS

1.PENGERTIAN BISNIS

Bisnis bearasal dari business ,busy yang artinya sibuk.
bisnis dalam arti luas  adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dan instituksi yang memproduksi barang jasa dalam kehidupan sehari-hari.

Bisnis juga merupakan aspek dari semua kegiatan untuk menyalurkan barang-barang melalui saluran produktif dari memberi bahan mentah sampai dengan menjuyal barang jadi
dalam jenisnya kegiatan bisnis yaitu:
1.Production
2.Distribution
3.Cosumption
Bentuk dasarnya kepemilikan bisnis yaitu perusahaan perseorangan, perseroan,persekutuan,dan koperasi.

 

2.TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS

Tujuan kebijakan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum           tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.

Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:

1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.

2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.

3. Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.

4. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.

5. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.

6. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.

http://sagara-zone.blogspot.com/2009/02/tujuan-bisnis.html

3.SISTEM PEREKONOMIAN DAN SISTEM PASAR

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatau negara untuk menalokasin sumber  daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi tersebut, perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaiman cara sistem itu mengatur faktor produksi,dalam beberapa sistem,semua faktor tersebut dipegang oleh pemerintah,kebanyakan sistem ekonomi  didunia berada diantara dua sistem ekstrim tersebut.Selain faktor produksi, sitem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi

Sistem pada perekonomian pasar(market aconomic) yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan,sitem perekonomian pasar bergantung pada kapatalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan diman produsen bebas menjual barang dan membeli barang yang mereka inginkan(dalam batas-batas tak tertentu).sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawarn danpermintaan.
Sistem pasar juga terbagi menjadi 4 yaitu:
1.monopoli
2.monopsoni
3.oligopoli
4.pasar persaingan sempurna

http://sagara-zone.blogspot.com/2009/02/sitem-bisnis.html

4.KESEMPATAN BISNIS/USAHA

 

Bisnis bukanlah kata yang asing lagi di telinga kita mulai dari yang kecil hingga bisnis besar. Sudah banyak orang yang sudah sukses menjalankan bisnisnya sehingga menjadi jutawan bahkan miliarder dengan segala kepahitan sampai menyipi manis hasil dari bisnis itu.

Pelaku bisnis adalah manusia yang di karuniai Tuhan dengan akal sehingga bisa berpikir untuk menjalankan bisnis dan bisa menjadi kaya secara materi dan pengalaman.Jangan takut memulai bisnis, karena menjalankan bisnis sangat mudah asal semuanya sudah kita rencanakan dengan sebaik-baiknya, yang susah adalah untuk memulai bisnis itu, apa yang harus kita lakukan untuk emngatasi ketakutan atau keraguan untuk memulai bisnoi?? tanamkanlah niat untuk memulai dan mulailah! jika bisnis sudah berjalan kita akan belajar dari pengalaman kita berbisnis dan bisa memperbaiki segala kekurangan.
Banyak pelaku bisnis yang sudah sukses menjalankan bisnisnya mulai dari yang tidak berpendidikan formal sampai yang bergelar doktor sekalipun dan kesuksesan tergantung dari ketekunan serta ketekunan mereka menjalankan bisnis itu sendiri.


5.
Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi
aktivitas ekonomi memiliki unsur-unsur penting dalam melaksanakan aktivitas perkonomian adalah:
1.sumber daya manusia memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas
tinggi
2.modal merupakan  sejumlah uang yang digunakan menjalankan kegiatan bisnis
3.material merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
4.keterampilan manajemen merupakan sistem manajemen yang dijalankan bedasarkan prosedur dan tata kerja manajemen

6.Hakikat Bisnis
Halikat Bisnis atau perusahaan adalah kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan suatu nilai atau menafaat dalam bentuk barang dan jasa dengan harapan dapat memberikan keuntungan untuk menjamin kelangsungan hidupnya.

Hakikat Bisnis yang sebenarnya ialah menginput barang dengan cara membeli bahan mentah kemudian diolah dan dijadikan sebuah produk jadi yang berupa barang atau jasa yang kemudian dioutput engan cara  dijual kepada konsumen.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/tugas-pengantar-bisnis-minggu-1-2

7.MENGAPA BELAJAR  BISNIS ?

Alasan seseorang belajar bisnis adalah untuk bisa bersaing didalam dunia kerja,sukses dalam dunia pembisnisan mencapai dalam kemakmuran tingkat seseorang,dan dapat belajar untuk memperoleh ilmu yang berguna dalam dunia bisnis.

Dan dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan individu dan sekelompok orang(organisasi)yang menciptakan nilai (creata vulue)untuk memenuhi kebutuhan masyarakat memperoleh keuntungan melalui transaksi.