TUGAS III

BENTUK – BENTUK  BADAN  UASAHA

1.BENTUK  YURIDIS PERUSAHAAN

Secara luas bisnis sering diartikan sebagai seluruh kegiatan usaha yang dijalankan oleh orang atau badan secara terus menerus, yauitu berupa kegiatan mengadakan barang-barang atau jasa maupun fasilitas, untuk diperjual belikan,dipertukarkan,atau disewagunakan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Bentuk yuridis perusahaan memiliki 4unsur dari perkumpulan:

1.Adanya unsur kepentinagan bersama

2.Adanya unsur kehendak bersama

3.Adanya unsur tujuan

4.Adanya unsur keraja sama yang jelas

Sedangkan bedasarkan bentuk kepemilikannya yuridis perusahaan ialah sebagai berikut:

A.Perusahaan perseorangan

Merupakan badan usaha kepemilikan yang dimiliki oleh satu orang, bersifat mudah didirikan dan mudah dibubarkan,keunutungannya dinikmati diri sendiri.

B.Firma
Merupakan bentuk persekutuaan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama dan tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap kepemilikan.

C.Perseroan terbatas

Merupakan organisasi bisnis yang memiliki badan hukumresmi yang beranggotakan kepemilikan minimal dua oarang denagn tanggung jawabyang hanya berlaku pda perusahaan tanpa terlibat harta pribadi atau perseorangan didalamnya

D.Peseroan komanditer

Suatu badan usaha bisnis yang didirikan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama denagan tingkat keterlibatan berbeda-beda diantara anggotanya,satu pihak mengelolah aktif dengan modal pribadinya dan pihak lain hanya menterlibatkan modal secara fianansial

E.BUMN

Satu unit usaha yang sebagian besar atau seluruh modal berasal dari kekayaan negara yang dpisahkan serta membuat produk atua jasa yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

F.Koperasi

Koperasi mempunyai arti kerjasama untuk mencapai suatu tujuan yang semula dicapai oleh perorangan,tetapi akan mudah dicapai bila dijalankan dua orang atau lebih,bersifat suka rela dan terbuka.

http://organisasi.org/bentuk_jenis_macam_badan_usaha_organisasi_bisnis_perusahaan_pengertian_dan_definisi_ilmu_sosial_ekonomi_pembangunan

2.LEMBAGA KEUNGAN

Lembaga keunagan menyediakan jasa sebagai perantara antara pemilik modal dan pasar utang yang bertanggung jawab dalam penyaluran dana dari investor kepada perusahhan yang membutuhkan dana tersebut,kehadiran lembaga keungan yang memefasilitasi arus peredaran uang dalamperekonmian, dimana uang dari individu investor dikumpulkan dalam bentuk tabungan sehingga resiko para investor ini beralih pada lembaga bentuk keungan yang kemudian menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman utang kepada yang membutuhkan, dan tujuan utama dari penyimpanan dana menghasilkan pendapatan,Di Indonesia lembaga keuangan ini dibagi kedalam 2 kelompok yaitu lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank (asuransi, pegadaian, perusahaan sekuritas, lembaga pembiayaan, dll).

http://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_keuangan

3.KERJASAMA, PENGABUNGAN DAN EKSPANSI

Dalam pengembangannya perusahaan dapat mengadakan kerjasama, pengabungan dengan perusahaan lain atua berkembang sendiri tanpa mengikut sertakan peran perusahaan lain.pembentukan organisasi baru dapat dilaksanakan baik dengan ataupaun tanpa melebur organisasi yang sudah lama.

pengabungan dan kerjasama perusahaan adalah sebagai berikut;

A.JOINTVENTURE
Joint venture merupakan kerjasama antara beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa Negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat secara umum dapat dikatakan bahwa semua bentuk kerja sama antar perusahaan dapat ditampung ke dalam bentuk usaha joint venture, tanpa memandang besar kecilnya modal, kekuasaan ekonomi maupun likaso masing-masing partner yang bersangkutan.

B.KARTEL
Kartel merupakan bentuk perusahaan antara beberapa perusahaan sejenis di bawah suatu perjanjian tertentu. Disini masing-masing perusahaan tetap berdiri sendiri, mempunyai kedudukan sama dan setiap waktu dapat membatalkan perjanjian yang telah dibuat. Mereka terikat pada semua masalah yang tercantum dalam perjanjian, tetapi di luar itu mereka bebas berdiskusi.

C.MERGER
Merger adalah penggabungan dari beberapa badan usaha. Ada horizontal merger yaitu merger dari badan usaha-badan usaha yang sejenis yang produksinya bersaing.

D.AKUISISI
Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar http://vallmighty.blogspot.com/2010/04/hukum-bisnis-penggabungan-perusahaan.html