TUGAS II

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

1.PENGERTIAN PEREUSAHAAN

Definisi Perusahaan ialah suatu tempat untuk melakukan kegiatan produksi barang atau jasa,dan  Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.

2 TEMPAT  KEDUDUDKAN  DAN LETAK PERUSAHAAN.

Tempat perusahaan sering disebut dengan temapat kediaman perusahaan, yaitu dimana temapat melakukan kegiatan sehari-hari dan dapat diartikan seabagi temapat tempat kantor pusat perusahaan.

Jenis tempat bedasarkan letak  perusahaan yaitu da 4 jenis:

1.letak perusahaaan yang terkait alam

2.letak perusahaan bedasarkan sejarah

3.perusahaan yang ditetapkan pemerintah

4.letak perusahaan yang bedasarkan faktor ekonomi

1.Letak perusahaan yang terkait pada alam

Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam,jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia;misalkan,usaha pertanian,pertambangan.

2.Letak perusahaan berdasarkan sejara

Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah dilokasi itu.Misalkan kerajinan batik di daerah surakarta dan jogjakarta.Hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam kraton.

3.Letak perusahaan yang ditentukan pemerintah
Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan menjalankan aktivitasnya.Hal ini agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak merasa tergangggu karena adanya perusahaan itu.

4.Letak perusahaan yang bedasarkan faktor ekonomi.
Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri.Disini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan:

Sumber buku,pengantar bisnis .John soeprihanto.edisi kelima
http://vidyvirgo-virgo.blogspot.com/2009/12/pemilihan-letak-perusahaan.html

3.Perusahaan dan Lembaga Sosial

Beberapa tahun terakhir ini banyak perusahaan yang aktif dalam berbagai kegitan sosial dan memeberikan dana untuk kegiatan-kegiatan sosial bagi perusahaan sumbangan aktivitas sosial dilakukan manifestasi dari tanggung jawab sosial.perusahaan juga sebagai lembaga sosial tujuan utamanya mendapat keuntungaan

Perusahaan sebagai suatu sistem adalah kombonasi yang memepengaruhi proses produksi dan distribusi barang untuk mencapai tujuan tertentu.dan pada intinya bahwa perusahaan ingin memiki keuntungan yang besar pada suatu sistem perusahaan.

http://books.google.co.id/books?id=EVfWJ7nbd-

4.BERBAGAI  MACAM  LINGKUNGAN PERUSAHAAN  DAN  PENGARUHNYA TERHADAP  PERUSAHAAN

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan faktor-faktor ekstrim yang memepegaruhi perusahaan baik organisasi kegiatan sedangakan arti linkungan mencangkup seluruh faktor ekstrem yang mempengaruhi individu,perusahaan,dan masyarakat luas.

Perusahaan memiliki 2 lingkungan secara khus dan secara umum, seacara khusus lingkungan adalah politik,hukum,pendidikan,teknologi,dan demografi, pendidikan, budaya, sedangkan lingkungan secara umumnya yaitu supplier,pembeli,pesaing,teknologi,sisiopolitik.

http://derryputraa.blogspot.com/2010/10/pengaruh-lingkungan-terhadap-perusahaan.html

5.pendekatan dalam melihatbisnis dan lingkungan

Pengertian bisnis semakin banyak jenis ragam kebutuhan kita maka makin banyak juga jenis usaha yang ada,hal ini disebabkan karena pada hakikatnya bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia organisasi ataupun masyarakat luas,

Bisnis juga dapat dibedakan berdasarkan atas jenis kegiatannya lingkunganya. Berdasarkan jenis kegiatannya bisnis dibedakan menjadi 4 macamyaitu:

1. Bisnis Ekstraktif adalah bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan atau menggali bahan-bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi. Misalnya pabrik semen, tambang timah, aluminium, tembaga, serta PERUM Prtamina yang mengusahakan minyak dan gas bumi.

2. Binis Agraris adalah bisnis yang bergerak di bidang pertanian (termasuk pula pertanian, peternakan dan perunggasan), perkebunan serta kehutanan.

3. Bisnis Industri adalah bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing, misalnya indutri tekstil garmen, mesin-mesin, mebel, pesawat terbang, mobil, sepeda motor, kapal laut maupun pabrik kertas, tapioca dan sebagainya.

4. Bisnis Jasa adalah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk-produk yang tidak berujud seperti jasa pendidikan, kecantikan, perbankan, kesehatan, penanggungan risiko, jasa pariwisata dan sebagainya.

http://www.google.co.id/#hl=id&biw=1366&bih=606&q=pendekatan+bisnis&aq=o&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=230ca2ae376fd1c8